Selasa, 07 April 2015

Tutorial Penggunaan Dalam Perubahan NIR SIMPBB



NIR (Nilai Indeks Rata-rata) diperlukan dalam pembuatan peta ZNT (Zona Nilai Tanah), karena pada garis batas ZNT dicantumkan angka NIR. Dalam garis batas ZNT ditentukan atau dibuat berdasarkan NIR masing-masing untuk setiap ZNT dan setiap ZNT dicantumkan angka NIR-nya. Perubahan pada Nilai Indikasi Rata-rata (NIR) terjadi karena batas ZNT dalam konsep peta ZNT mengalami perubahan. Tetapi NIR dicantumkan sesuai hasil analisa, bukan dalam bentuk ketentuan nilai jual bumi.
Proses Perubahan NIR terdiri dari proses :
  1. Perekaman kode ZNT dan NIR, yaitu dilakukan untuk merekam kode ZNT dan NIR karena Pendataan Baru atau penambahan kode ZNT dan NIR baru dalam satuan Kelurahan.
  2. Pemutakhiran kode ZNT dan NIR, yaitu untuk meng-update NIR masing–masing ZNT yang mengalami perubahan, hal ini biasanya dilakukan setiap tahun sebelum cetak massal.
  3. Penghapusan kode ZNT dan NIR ini dapat dilakukan terhadap kode ZNT yang belum dipakai oleh data OP.
 Berikut Tutorial Penggunaan Perubahan NIR SIMPBB:

Menu Perubahan NIR terdapat di bawah menu Pembuatan Tabel Blok. Login/masuk ke Aplikasi Pajak Online SIMPBB menggunakan akun anda, klik menu Pendataan di sebelah kiri > Persiapan > Pembuatan ZNT > Perubahan NIR, untuk lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

http://aplikasipemda.com/

Setelah klik menu Perubahan NIR, akan muncul form di sebelah kanan yang berisi pilihan-pilihan Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, Tahun dan No. Dokumen. Anda bisa mengubah dan mengisi pilihan-pilhan tersebut, kecuali untuk pilihan Propinsi dan Kabupaten yang secara default tidak bisa diubah. Isilah sesuai data-data yang anda kehendaki kemudian klik tombol GO! untuk memproses input data.

http://aplikasipemda.com/

 


Pilih Kecamatan dan Kelurahan, isi Tahun dan masukkan Nomor Dokumen yang sesuai kemudian klik tombol GO! untuk memproses. Jika datanya ada dan sesuai maka akan muncul tabel yang menampilkan kode ZNT dan NIR berdasarkan kecamatan, kelurahan, tahun dan no. dokumen. Anda dapat menghapus NIR dengan klik simbol silang, atau edit dengan klik simbol pensil pada kolom aksi di sebelah kanan.




http://aplikasipemda.com/

Jika anda lupa dengan Nomor Dokumen atau ingin membuat dokumen baru, anda bisa memasukkan sembarang nomor berjumlah 11 digit ke kolom isian No. Dokumen  kemudian klik tombol GO!. Aplikasi secara otomatis akan memperingatkan anda bahwa nomor dokumen yang anda cari tidak ditemukan. Anda dapat memilih untuk memasukkan nomor dokumen yang tersedia atau membuat dokumen baru sesuai dengan nomor yang telah anda masukkan.

http://aplikasipemda.com/



Selain mengubah NIR dengan cara di atas, anda juga bisa melakukannya dengan mengupload file excel berextensi .xls. Jika anda sudah mempunyai data NIR dalam betuk file Excel, silahkan klik menu “Perubahan NIR dengan Excel” di bawah menu “Perubahan NIR”. Selanjutnya isi nomor dokumen, klik tombol “Ambil dari file Excel(.xls)”, pilih file Excel yang mau diupload kemudian klik tombol “Proses”.

http://aplikasipemda.com/



Besar NIR masing-masing objek pajak ditentukan atau disesuaikan dengan kode ZNT yang tercantum pada daftar ZNT. Penentuan ZNT pada kenyataannya dapat didasarkan pada tersedianya data pendukung (data pasar) yang dianggap dapat mewakili nilai tanah atau objek pajak yang ada pada zona yang bersangkutan. Dan untuk perhitungan nilai tanah per meter persegi untuk masing-masing objek pajak didasarkan pada NIR tersebut.
Demikian tutorial kali ini, semoga Tutorial Penggunaan Perubahan NIR SIMPBB ini bermanfaat.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar