Rabu, 15 April 2015

Tata Cara Penggunaan Sub Menu Copy Data Pendukung Aplikasi PBB Online



Dalam Aplikasi PBB Online ada beberapa tabel yang pada umumnya dari tahun ke tahun datanya mengalami perubahan, sehingga data tersebut harus disimpan pertahun, data tersenut meliputi (DBKB, ZNT dan TP SPPTmassal). Untuk memudahkan pekerjaan Update dan menghindari berkurangnya data dari tahun sebelumnya, maka sebelum  melakukan Update data DBKB, ZNT danTP SPPT Massal, lakukan Proses Copy data DBKB, ZNT dari Tahun sebelumnya. Proses tersebut akan mengcopy data-data tahun sebelumnya ke tahun berikutnya secara keseluruhan. Apabila data tahun yang dituju sudah ada (walaupun sebagian) maka Proses copy seluruh data dalam satu Dati II akan gagal (dianggap sudah ada), misalnya update data ZNT Wilayah 32.18.110.001 tahun 2006, karena belum ada data maka minta copy dari th 2005, jika copy data dilakukan melalui menu Update data ZNT, maka seluruh kelurahan Wilayah 32.18.110.001 th 2006 harus dilakukan melalui update data ZNT. Proses yang dijalankan pada Copy DBKB, ZNT dan TP SPPT Massal Tahun sebelumnya adalah:
  1. Mengcopy Daftar Biaya Komponen Bangunan tahun sebelumnya/tahun berjalan termasuk didalamnya Daftar Harga Bahan dan Upah, Fasilitas dipersiapkan untuk data tahun yang akan datang.
  2. Data Zona Nilai Tanah tahun sebelumnya/tahun berjalan yang dipersiapkan untuk data tahun yang akan datang, dalam satuan Dati II.
  3. Mengcopy data TP SPPT tahun sebelumnya/tahun berjalan yang dipersiapkan untuk data tahun yang akan datang dalam satuan Dati II.
Berdasarkan penjelasan diatas, maka kami akan sedikit menguraikan mengenai cara penggunaan sub menu atausub  modul Copy Data Pendukung dalam Aplikasi PBB Online, berikut penjelasan dari kami  :  

Berikut Penggunaan Sub Menu Copy Data Pendukung Aplikasi PBB Online
Cara untuk mengcopy data pendukung AplikasiPBB Online dari tahun sebelumnya termasuk cukup mudah dan singkat. Langkah pertama pastikan anda sudah login/masuk ke Aplikasi PBB Online. Kemudian klik menu Pendataan > Persiapan > Copy Data Pendukung dari Tahun Sebelumnya, contohnya seperti pada gambar berikut  :

http://aplikasipemda.com/



Selanjutnya akan muncul form Copy Data Pendukung dari Tahun sebelumnya di sebelah kanan menu. Isi filter tahun dengan tahun yang berisi data pendukung yang anda ingin copy. Klik tombol Proses untuk memproses copy data.

http://aplikasipemda.com/



Tombol Refresh digunakan untuk mereset filter dan kembali ke tampilan awal form. Untuk menghindari kerusakan data, jangan menekan tombol Refresh atau F5 pada saat aplikasi sedang memproses copy data. Silahkan tunggu beberapa saat sampai aplikasi memberitahukan bahwa proses copy data selesai.
Demikian Cara Penggunaan Copy Data pendukung Aplikasi PBB Online kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa untuk ikuti terus blog ini karena Artikel dan  Tata Cara Penggunaan Aplikasi terbaru akan terus diupdate tiap minggu.
Jika ada komentar, saran maupun pertanyaan silahkan hubungi  :
Mufid           : (085791553548)(Telpon/SMS/WA)
PIN BB        : 7FBF849C
WEBSITE    : http://aplikasipemda.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar