Rabu, 01 April 2015

Keuntungan dengan adanya E-Catalog dan E-Purchasing



http://aplikasipemda.com/pembelian-aplikasi-pbb-via-e-katalog/


E-Catalogue(Katalog Elektronik) adalah sistem informasi elektronik yang memuat daftar, jenis, spesifikasi teknis dan harga barang tertentu dari brbagai Penyedia Barang/Jasa.
E-Purchasing adalah tata cara pembelian Barang /Jasa melalui system catalog elektronik.
Menurut Ketua Lembaga Kebijakan Pengadaaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) Agus Rahardjo, sistem tender elektronik yang telah diupayakan sejak tahun 2008 telah memberikan kinerja yang cukup baik dalam hal penghematan. Karena semua dikerjakan secara online, pemerintah tidak perlu lagi harus mengeluarkan budget lebih untuk biaya transportasi dan akomodasi untuk menghampiri pihak-pihak yang berminat ikut tender atau lelang.
Seperti dikutip dari Tribun News, Agus mengatakan:
“Penghematannya cukup bagus, kami tinggal duduk saja tanpa bergerak untuk e-Tendering yang berlaku sejak 2008 penghematan sampai 10 persen, kalau dihitung dari 2008 sampai saat ini, hemat sebesar Rp 6,2 triliun. Untuk e-katalog penghematan lebih besar lagi, yakni 30 sampai 40 persen.”

Keuntungan dengan adanya E-Catalogdan E-Purchasing
1.      Memberikan kemudahan kepada K/L/D/I dalam melaksanakan pengadaan untuk kebutuhan instansi.
2.       Memberika kepastian spesifikasi teknisdan acuan harga yang seragam, sehingga pihak Kementerian/lembaga/pemda/instansi tidak perlu membuat spesifikasi, Spesifikasi langsung bias diambil dari E-Catalog.
3.      Dokumen pengadaan disediakan dalam system aplikasi, sehingga mengurangi dokumen seperti dalam dokumen pelelangan
4.      Tidak ada sanggah menyanggah dan mengurangi masalah hokum lainnya
5.      Pelaksanaan E-Purchasing akan terrecord, sehingga memudahkan monitoring dan memudahkan sebagai bahan analisa
6.      Membentuk pasar nasional yang semakin jelas dan terukur
7.      Mempercepat penyediaan fasilitas kinerja kantor dan pelayanan masyarakat
8.      Mempercepat penyerapan anggaran

Melihat berbagai macam keuntungan yang diperoleh dari penggunaan E-Catalog dan E-Purchasing, maka Sudah saatnya pemerintah Indonesia untuk mulai memperhitungkan dan memberikan porsi lebih untuk realisasi layanan semacam ini. Jika dulu masih berdalih dengan isu seputar kesiapan sumber daya manusia, untuk saat ini tentu keadaan sudah berubah.
Saatnya Hemat Anggaran Anda dengan e-Katalog untuk keperluan pengadaan barang dan jasa seperti komputer, kendaraan bermotor, alat-alat kantor hingga internet service provider dan software seperti Aplikasi Pajak Online SIMPBB. Selalu gunakan solusi digital ini agar proses pengadaaan anda menjadi lebih cepat, hemat, transparan, aman dan terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar